Wakil Bupati Karo Sambut Tim Monitoring TP PKK Sumut

METROPUBLIKA.COM – Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang menyambut kehadiran tim monitoring Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut) di Losd Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Munthe, Senin (25/9/2017).

Hadir dari tim monitoring TP PKK Sumut diantaranya, Ny. Fera Imam Budi Putera, Ny. Masdiatun, Ny. Mistria Azis, Dra. Suleha dan Ayu.

Dari Karo diantaranya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Abel Tarwai Tarigan, Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dr. Hartawaty br Tarigan, TP PKK Kabupaten Karo, para Camat, Muspika Kecamatan Munte, TP PKK kabupaten, para kepala desa dan kader PKK.

Kehadiran tim monitoring TP PKK Sumut ke Karo bertujuan untuk melakukan penilaian  dan monitor desa percontohan. Sasarannya, seluruh kegiatan 10 Program Pokok PKK yang terkait kegiatan hari Kesatuan Gerak PKK dan bulan bhakti gotong royong masyarakat serta Hari Keluarga di Karo.

Dalam melaksanakan ketiga kegiatan tersebut, Kabupaten Karo yang memiliki lima desa percontohan di tahun 2017, akan diperlombakan di tingkat Sumut.

Wakil Bupati Karo, Cory Sriwati br Sebayang saat menyambut kehadiran tim monitoring TP PKK Sumut menyampaikan, keberadaan PKK memiliki makna yang penting dalam pembangunan daerah dengan memotivasi dan menggerakkan keluarga untuk menunjang peningkatan kesejahteraan keluarga.

Ia berharap agar penilaian dapat dilakukan secara maksimal untuk dijadikan sebagai perbaikan di masa mendatang guna meningkatkan kualitas dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Karo.

“Perempuan sebagai ibu PKK kiranya lebih berperan aktif guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan harapan seluruh keluarga di Karo dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga melalui dorongan kegiatan PKK,” pungkas Cory sebagaimana di kutip dari sumutberita.com.

Sementara, acara penyambutan ini juga diisi dengan beberapa penampilan seni dan fragmen Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dibawakan oleh para lansia dari Desa Tanjung Beringin dan dilanjutkan dengan penilaian oleh tim monitoring TP PKK Sumut kelima desa percontohan.

Penilaian ini memiliki lima kriteria diantaranya :

1. Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Munte sebagai desa pelaksana Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT)

2. Desa Mulia Rayat, Kecamatan Merek sebagai desa pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)

3. Desa Jinabun, Kecamatan Kutabuluh sebagai desa pelaksana pemanfaatan ranah pekarangan hatinya PKK

4. Desa Kutabale, Kecamatan Tigapanah sebagai desa pelaksana Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

5. Desa Melas, Kecamatan Dolat Rayat sebagai desa pelaksana (Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *