Soal UU MD3, Presiden Tentukan Sikap Setelah Lakukan Kajian

Soal UU MD3, Presiden Tentukan Sikap Setelah Lakukan Kajian

Metropublika – Presiden Joko Widodo belum memberikan sikap terkait dengan undang-undang MD3 yang telah disahkan oleh DPR di sidang paripurna, masih menunggu hasil kajian seiring banyaknya Pro dan kontra terkait undang-undang MD3, termasuk kajian yang sedang dibahas.

Soal UU MD3, Presiden Tentukan Sikap Setelah Lakukan Kajian

Soal UU MD3, Presiden Tentukan Sikap Setelah Lakukan Kajian

Presiden akan menentukan sikap opsi yang akan dilakukan Presiden terkait sikap pemerintah terhadap undang-undang MD3 di antaranya presiden dapat menandatangani atau melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perpu.

Sebelumnya Presiden Jokowi mempersilakan pihak-pihak yang tidak setuju dengan undang-undang MD3 segera mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi meski presiden sesungguhnya bisa mengeluarkan Perpu jika menganggap undang-undang MD3 adalah hal yang bersifat darurat.

“Sampai saat ini saya belum dapat mengkaji Apakah tanda tangan atau tidak tanda tangan ataukah dengan Perpus, sampai saat ini saya belum dapatkan Laporan mengenai kajian itu” Ungkap Presiden Jokowidodo.

Sebelumnya undang-undang MD3 yang belum ditandatangani oleh Presiden berdampak pada ditundanya pelantikan wakil ketua DPR dari PDI perjuangan.

ketua DPR Bambang soesatyo tidak permasalahkan sikap presiden terkait undang-undang MD3, meski demikian Bambang soesatyo berharap agar presiden segera menandatangani undang-undang itu agar segera melantik wakil ketua DPR yang baru.

“kalau dari kami DPR mengharapkan Pak Jokowi segera mengambil sikap untuk mendatangani, tapi kalaupun tidak, kami dapat memahami dan menunggu dengan sabar sampai waktu 30 hari yang akan jatuh pada tanggal 14 Maret mendatang dan ini juga bukan paling baru ada beberapa presiden sebelumnya di mana presiden sebelumnya tidak teken undang-undang yang sudah disediakan” Ungkap Bambang Soesatyo. (net/mp)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *