AMPI ‘Gandeng’ Kontrol Sosial Bangun Karo

BERBINCANG-BINCANG
Secara Terpisah, Oknum wartawan ketika berbincang bincang dengan pengurus DPD AMPI Tk II Karo. Foto | Friendly Situmorang Pande.

METROPUBLIKA -TANAH KARO|Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPD AMPI) Tingkat II Karo, menyatakan sikap akan menggandeng sejumlah kontrol sosial dari kalangan PERS dan LSM di Kabupaten Karo, Provinsi Sumut, guna menempuh solusi berbagai tantangan realisasi pembangunan yang terkesan minim harapan kesejahteraan.

PAPARAN
Ketua DPD AMPI Tingkat II Karo, Bebas Gintings, didampingi Sekretaris Ferry Singarimbun SE, dan Bendahara Benny Tarigan, memaparkan konsep yang bakal dilancarkan dalam mewujudkan pembangunan Tanah Karo tepat sasaran. Foto : Friendly Situmorang Pande.

Mereka “Optimis”  bahwa potensi di Bumi Turang (Karo) dapat memberikan peluang kesejahteraan bagi warga, apabila metode kelolanya menganut system kebersamaan. Fakta lapangan merupakan hal terpenting dalam sajian objek-objek informasi ke publik guna mempermudah penerapan kebijakan sehingga hasil dapat sesuai harapan seluruh masyarakat pengharap tepat manfaat.

Demikian paparan Ketua DPD AMPI Tingkat II Karo, Bebas Gintings, didampingi Sekretaris Ferry Singarimbun SE dan Benny Tarigan, Selasa, (3/10/2018), pada pertemuan dalam rangka menjalin tali silaturahmi dengan sejumlah kalangan wartawan media on line dan cetak serta pegiat LSM, di Sekretariat DPD AMPI Karo Jln Jamin Gintings Simp Desa Raya Kecamatan Berastagi, Karo.

Dijelaskan, dalam implementasi peduli masyarakat, tentunya rangkaian karya nyata jadi pentolan utama guna mencapai pembangunan tepat sasaran. Menurutnya, jika memang sepakat ingin mengubah paradigma lama karo simalem ke arah lebih maju, beberapa hal penting perlu disikapi secara fokus melalui “Tim Work Social” yang dinyatakan bakal terbentuk pada saat hari itu juga.

“Untuk mengawali sikap komitmen membangun karo, terlebih dahulu kita harus membentuk Tim Khusus penelusuran berbagai potensi kekayaan alam yang berpeluang mewujudkan peningkatan pembangunan di segala sektor kehidupan masyarakat. Selanjutnya, kita juga harus menelisik perkembangan potensi kekayaan alam yang telah dimanfaatkan dan yang belum dikelola pihak terkait.

Salah satu contoh yang sudah dikelola, yakni, “Permandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk”.  Saya kira tanpa melakukan blak-blak`an,  fakta sudah menunjukkan kenyataan, yaitu banjir berkelanjutan di akses jalan menuju objek  “Air Panas” sidebuk-debuk. Nah, ketika kondisi ini sudah terjadi, sudah  sewajarnya  langsung investigasi ke lokasi dan selanjutnya memperjelas ke pihak berkompeten.

Soal teknis, itu sesuatu yang sederhana di zaman tecnology terkini, intinya kita meminta penjelasan terinci dan riil dari pihak-pihak yang bersangkutan. Begitu juga dengan system penelusuran item potensi yang belum dikelola di Karo, item itu dapat diperjelas dari segala sektor guna menentukan kesimpulan dengan mengaitkan kesediaan dana di kas APBD,” papar Bebas Gintings.

Lanjut penasihat LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Kabupaten Karo itu, selain penelusuran potensi alam, tukasnya, dirinya juga menyarankan agar Tim (AMPI, LSM dan PERS), turut menelusuri Asset-Asset Daerah Karo yang produktif dan non produktif serta menindaklanjuti objek-objek tertentu yang menjadi bagian dari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Karo.

Selain itu, ketus Bebas, salah satu faktor yang cendrung  mengecewakan bahkan melukai perasaan masyarakat khusus nya warga karo, saat mengharapkan perlakuan “Adil” oleh lembaga Yudikatif dalam amar putusan perkara. Menurutnya, guna mengantisipasi kekuatan ‘Wani Piro’, kita perlu menerapkan monitoring full lintas Lembaga Yudikatif  terutama di segmen putusan persidangan.

Masih menurut Bebas Gt, pihaknya juga diajak agar turut menginventarisasi asset Pemerintah Tingkat I Provinsi Sumut dan asset Pemerintah Pusat yang berada di wilayah Tanah Karo. Diharapkan, agar seluruh elemen dari kalangan kontrol sosial khususnya pihak LSM dan Wartawan berkenan bergandeng tangan dengan jajarannya mewujudkan pelaksanaan ide-ide spesial usulannya.

“Jadi, kedewasaan zaman sudah saatnya diselaraskan dengan konteks pembangunan dalam upaya pencapaian sasaran garis keseimbangan kehidupan. Saatnya kita bangkit dan berdiri menerapkan pola kebersamaan dalam pengawasan realisasi anggaran oleh pemerintahan termasuk Monitor Full setiap prosesi vonis hukuman oleh para pihak penyandang kewenangan saat persidangan,” pinta Bulbes.

Amatan wartawan, Selasa, (2/10/2018) di Sekretariat DPD AMPI Tingkat II karo, Sekretaris DPD AMPI Karo, Sumut, Ferry Singarimbun, SE, dan Benny Tarigan selaku Bendahara DPD AMPI Karo, berhasil membentuk 2 (Dua) Tim, terdiri dari oknum OKP AMPI, Aktifis LSM dan Wartawan yang masing-masing terdiri dari 4 (empat) orang yang disimpulkan langsung start beraktifitas.

Dalam kesempatan itu, Ferry S didampingi Benny, menjelaskan bahwa perekrutan tim bakal dilancarkan secara kontiniu tanpa batas waktu hingga karya nyata menunjukkan potret paradigma baru di karo ke arah lebih maju.“Kami akan tetap komitmen mengawal pembangunan melalui  konsep-konsep kebersamaan,” ucap pria ramah diamini Benny T. (Firman HS/Friendly Situmorang Pande/Julman S).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *